10 Sayuran dan Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

Buah Yang Mengandung Vitamin C – Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk perkembangan dan menjaga kesehatan jaringan, pembuluh darah, dan tulang rawan serta sederet manfaat lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari vitamin C ini maka kita perlu memenuhi asupan harian dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari karena sifat dari vitamin C adalah larut air dan tidak disimpan di dalam tubuh.

Bila Anda menyangka buah yang mengandung vitamin C terbanyak adalah jeruk, Anda salah karena masih banyak buah-buahan lain sebagai sumber vitamin C. Selain pada buah pun, masih terdapat sayuran yang mengandung vitamin C.

Pada kesempatan kali ini, SehatPlus.org akan mengulas 10 sayuran dan buah yang mengandung vitamin C terbanyak untuk memberikan inspirasi bagi Anda dalam menyiapkan menu diet harian.

Daftar Sayuran dan Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

Sayuran Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #1: Paprika

paprika adalah sayuran yang mengandung vitamin C terbanyak #1
Paprika (fruitsvege.com)

Dari kelas paprika, paprika kuning lah yang memiliki kandungan vitamin C terbanyak. Dalam 100g paprika kuning terdapat sekitar 183,5 mg vitamin C yang. Jumlah tsb dapat memenuhi 306% kebutuhan harian Anda. Tak hanya paprika kuning, namun paprika hijau dan merah pun merupakan sumber vitamin C yang tinggi walaupun tak sebanyak paprika kuning.

Baca juga:   Cara Mencerahkan Kulit Wajah Menggunakan Buah Kiwi

Sayuran Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #2: Sayuran Berdaun Hijau

kale adalah sayuran yang mengandung vitamin C terbanyak #2
Kale (motleyhealth.com)

Semua sayuran berdaun hijan merupakan sumber vitamin C terbaik. Namun sayuran yang mengandung vitamin C terbanyak pada kelas ini adalah kale. Dalam 100g kale terdapat 120mg vitamin C atau setara dengan 200% kebutuhan harian Anda. Setelah kale disusul oleh turnip dan bayam.

Sayuran Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #3: Brokoli

Dalam 100 g brokoli mengandung 89,2mg vitamin C atau setara dengan 149% kebutuhan harian. Setelah brokoli kemudian disusul oleh kembang kol dan kubis.

Sayuran Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #4: Kacang-Kacangan

Kacang Kapri (bestinseason.ie)
Kacang Kapri (bestinseason.ie)

Kandungan vitamin C dalam 100 g kacang kapri adalah sekitar 60mg dan cukup memenuhi kebutuhan harian Anda.

Sayuran Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #5: Tomat (Dimasak)

Dalam 100g tomat yang telah dimasak mengandung vitamin C sebanyak 22,3mg.

Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #1: Jambu

Jambu merupakan buah sumber vitamin C terbaik sehingga wajar saja bila ada orang yang mengalami infeksi disarankan mengkonsumsi jus jambu untuk segera mengembalikan ketahanan tubunya. Dalam 100g jambu terdapat 228,3 mg vitamin C atau setara dengan 381 % kebutuhan harian.

Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #2: Kiwi

kiwi buah yang mengandung vitamin c terbanyak
Buah Kiwi (healthyfoodhouse.com)

Buah kiwi pun merupakan buah sumber vitamin C terbaik. Dalam 100g kiwi hijau terdapat 92.7 mg vitamin Ca atau 155% kebutuhan harian.

Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #3: Buah Beri

buah beri buah yang mengandung vitamin C
Buah Beri (gmtoday.com)

Dari kelas buah beri, buah stroberi lah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi yang kemudian disusul oleh raspberi, blakberi, dan bluberi. Dalam 100 g stroberi terdapat 58,8 mg vitamin C atau setara dengan 98% kebutuhan harian.

Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #4: Jeruk

Jeruk memang lebih kalah dibandingkan jambu dalam hal kandungan vitamin C nya. Dalam 100g jeruk hanya terdapat 53,2 mg vitamin C atau hanya mencukupi 89% kebutuhan harian saja.

Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak #5: Pepaya

Dalam 100g pepaya mengandung 60,9mg vitamin C atau sekitar 102% dari kebutuhan harian. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya ini kemudian disusul oleh mangga, nanas, dan melon.

Itulah 10 sayuran dan buah yang mengandung vitamin C terbanyak. Banyaknya pilihan ini hendaknya memotivasi Anda untuk selalu mengkonsumsi aneka buah dan sayur setiap harinya. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.healthaliciousness.com/articles/vitamin-C.php